Loading...
puripurikecil
Klik untuk melakukan pemesanan
Hubungi: 0361 738852

 
INDONESIA


 


Gugusan kepulauan Indonesia yang membentang di wilayah seluas 2.000.000 m2 – sama besarnya dengan seluruh Eropa – merupakan gugusan kepulauan terbesar di dunia. Indonesia disebut sebagai “negara air”, suatu definisi yang sesuai dengan istilah “tanah air kita”. Indonesia dibagi menjadi empat wilayah: kepulauan Sunda Besar (meliputi Sumatra dan Jawa), kepulauan Sunda Kecil (dengan Bali dan Timor), Maluku dan Papua Barat.

Penduduk Indonesia berjumlah 222 juta jiwa, 115 juta jiwa di antaranya tinggal di pulau Jawa. Ibu kota Indonesia, Jakarta, berpenduduk 10 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 850 jiwa per kilometer persegi. Di Bali, kepadatan penduduk 500/km2 dan di Sumatra 60/km2. Kepadatan penduduk di di Indonesia rendah dan banyak pulau yang tidak berpenghuni.

Gunung berapi mendominasi pemandangan alam di beberapa pulau: di antaranya Sumatra, Jawa, Bali. Banyak yang masih aktif dan bahkan 35 di antaranya yang berada di Jawa berpotensi menimbulkan bahaya.

Hutan tropis meliputi 50% daratan. Indonesia adalah penghasil utama kayu keras: kayu jati, kayu arang, kayu cendana. Di pihak lain, ada banyak wilayah yang tidak cocok untuk bertani atau bahkan sangat kering.

Indonesia merupakan tempat berbaurnya beragam etnis: Melayu, Minangkabau. Aceh, Alas, Gayo, Batak, Bugis, Dayak, Lomang, Balantak, Toraja, Minahasa, Pigmi, Eipo, Papua adalah sedikit di antaranya.

Terdapat tak kurang dari 250 bahasa. Jumlah dialek yang ada tak kurang dari tiga kali lipat jumlah bahasa. Beberapa bahasa memiliki perbedaan. Misalnya, orang Jawa memiliki lima jenis Bahasa Jawa. “Jawa Kuno’ merupakan bahasa kalangan istana – yang digunakan hingga abad XV. Epik Hindu “Mahabharata” dan “Ramayana” dituturkan dalam bahasa ini.

Indonesia adalah negara Republik – yang memproklamirkan kemerdekaannya dari Belanda pada tahun 1945. Bahasa Indonesia diperkenalkan untuk tujuan khusus menyatukan negara.

Prambanan, yang selesai dibangun pada abad IX, adalah candi Hindu yang paling rumit di Indonesia. Bagian tengahnya, yang tadinya terdiri dari enam candi, sekarang hanya tiga yang tersisa: candi Siwa, adalah candi yang terpenting dan terletak di tengah-tengah, dengan candi Wisnu dan Brahma di kedua sisinya.

Bahasa baru “diciptakan” untuk menyatukan beragam kelompok etnis dan bahasa ini berasal dari Bahasa Melayu dan diperkaya dengan beberapa istilah dari bahasa lokal dan bahasa asing, khususnya Belanda, juga Latin dan Yunani, yang kebanyakan untuk istilah-istilah terkait profesi. Dalam hal tulisan, aksara Jawa Kuno dan Arab telah digantikan dengan aksara Latin.

Indonesia memberikan kekebasan beragama – kekuasaan Negara dan Agama terpisah meskipun sebagian besar penduduknya menganut Islam Sunni. Sementara di Bali, 95% penduduknya beragama Hindu.



Borobudur, yang dibangun sekitar tahun 800 adalah bangunan yang sangat besar yang menutupi lereng gunung keseluruhan dan merepresentasikan pahatan batu dari pandangan Budha Mahayana mengenai dunia. Letaknya dekat dengan kota Yogyakarta.

Indonesia adalah bagian dari apa yang disebut dengan “negara berkembang” dan termasuk anggota ASEAN, yaitu Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara, dan PBB. Indonesia, sebuah negara berbentuk republik dengan pusat pimpinan dipegang seorang presiden, memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Presiden merupakan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan dan diberi kekuasaan yang luas.

Falsafah yang mendasari organisasi politik, sosial dan keagamaan di negara ini berdasarkan pada Pancasila atau Lima Dasar, yaitu: ketuhanan yang Maha Esa; kemanusiaan yang adil dan beradab; Persatuan Indonesia; kepercayaan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Indonesia terbuka untuk perdagangan dan pariwisata; warga negara-negara Eropa tidak memerlukan visa sebelum berangkat untuk berkunjung ke Indonesia.

INDONESIA DALAM ANGKA

  • Dikelilingi oleh dua samudera dan delapan lautan
  • Gugusan kepulauan terbesar di dunia dengan 13.677 pulau, 2 juta km wilayah atau tujuh kali ukuran Italia.
  • 3.000 pulau yang tidak dihuni; delapan dari sepuluh pulau tidak dihuni atau dihuni oleh sekelompok penduduk asli.
  • 222 juta jiwa penduduk
  • Jawa, meliputi teritorial yang luasnya setengah dari luas Italia dan dihuni oleh 114 juta jiwa
  • 100 kelompok etnis yang telah diketahui
  • 55 persen populasi adalah petani
  • Merupakan “negara berkembang”
  • Kaya akan hutan (kayu keras yang berharga), kopi, kelapa, minyak, emas, bijih besi, nikel, bauksit, tembaga dan gas, serta rempah-rempah.
  • negara: Republik yang dipimpin oleh seorang Presiden
  • 1997: pemilihan umum langsung yang pertama
  • Presiden saat ini adalah Susilo Bambang Yudoyono; ia adalah Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan, ia dipilih bersama dengan Wakil Presiden. Saat ini ia memerintah untuk kedua kalinya yang sekaligus merupakan kesempatan terakhirnya untuk mengikuti pemilihan umum.
  • Masa berkuasa seorang presiden adalah 5 tahun

Presiden Indonesia saat ini Susilo Bambang Yudoyono

Kekuasaan legislatif dipegang oleh Parlemen – DPRD dan DPR – yang dipilih secara langsung.

Dewan Perwakilan Rakyat memiliki 550 anggota

128 anggota dipilih dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Secara administratif Indonesia terdiri dari 33 propinsi – dan Bali merupakan satu di antaranya – dan tiga daerah istimewa: Ibu Kota Jakarta, Yogyakarta dan Aceh.

Ke33 propinsi tersebut terbagi menjadi 400 kabupaten, 90 kotamadya, dan lebih dari 6.000 kecamatan yang meliputi sejumlah desa.

Bahasa

Ada 250 bahasa yang dituturkan di negara kepulauan tersebut

700 dialek

Bahasa Indonesia, merupakan bahasa resmi dan kesatuan.